Pages

Minggu, 05 April 2009

Proposal Penelitian

prposal penelitian
PROPOSAL PENELITIAN (Contoh)
BAB I : PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah

Bagian ini berisi penjelasan mengenai mengapa masalah yang dikemukakan dalam usulan penelitian ini dipandang menarik, penting dan perlu diteliti. Juga berisi lletak masalah yang akan diteliti dalam konteks permasalahan yang lebih besar/luas, serta peranan ini dalam pemecahan masalah yang lebih besar tersebut. Pada bagian ini juga memperhatikan unsure keaslian penelitian.

2. Rumusan Masalah.

Rumusan masalah adalah rumusan yang spesifik berupa pertanyaan atau pernyataan penelitian dan bilamana perlu sebelumnya dibuat identifikasi masalah yang akan diteliti.

3. Tujuan Penelitian.

Dalam bagian ini berisi rumusan tentang tujuan umum dan atau tujuan khusus yang ingin dicapai dalam penelitian

4. Manfaat Penelitian.

Berisi manfaat hasil penelitian, baik dalam pengembangan teori maupun aplikasi.

5. Hiposkripsi Penelitian/asumsi (jika ada)

Hiposkripsi penelitian merupakan pertanyaan singkat tentang hubungan antar dua variable atau lebih, dirimiskan secara operasional dan bisa diuji secara empiris.

1.6 Tinjauan Kepustakaan

1. Tinjauan tentang hasil-hasil penelitian terdahulu atau hal-hal lain yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan.
2. Landasan teoritik yang merupakan pedoman dalam pemecahan masalah dan rumusan masalah penelitian dalam landasa teoritik, peneliti tidak hanya menrangkai teori, tetapi juga mendiskusikan teori da megambil keputusan toeri yang mana yang dipakai dalam penelitian.
3. 1.7 Metode Penelitian

1.7.1Kerangka Konseptual

Berisi tentang definisi konsep penelitian yang akan dilaksanakan. Merupakan gambaran tentang pola hubungan konsep-konsep yang diturunkan dari suatu teori, dimana dalam kerangka konsep ini terlihat hubungan dua variable.

2. Kerangka Operasional

Berisi tentang operasioanalisasi dari variable penelitian. Dalam penelitian ini melakukan identifikasi indicator-indikator variable sehingga dapat diukur secara empiris.

3. Tipe Penelitian



Bagian ini mengemukakan tipe penelitian yang akan dilakukan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan yaitu untuk menemukan pengetahuan tentang suatu fenomena (Taxonomical) ataukah bertujuan untuk menemukan teori-teori suatu ilmu (Theoritical). Bagian ini mengemukakan metode apa yang dipilih misalnya survey ataukah studi kasus.

4. Objek penelitian atau sumber data (kualititatif)

Berisi uraian secara rinci mengenai objek yag dikaji dalam penelitian (untuk penelitian kuantitatif digunaka istilah populasi dan sample). Sumber data dapat berupa teks sastra lisan, novel atau teks lama pada bidag sastra, atau teks karangan siswa, teks wacana, da lain-lain pada bidang bahasa.

5. Teknik Pengumpulan Data

Bagian ini mengemukakan metode dan instrumen apa yang digunakan peneliti untuk pengumpulan data guna memperoleh fakta-fakta yang diperlukan untuk mencapai tujuan penelitian. Untuk itu harus ada penyesuaian antara masalah yang hendak dipecahkan dengan metode pengumpulan data yang akan dikumpulkan.

6. Rencana Metode Analisis Data

Bagian ini mengemukakan metode analsis data yang akan digunakan peneliti untuk memecahkan masalah penelitian yang sudah ditetapkan. Analisis data disesuaika teori yang digunakan.
# LAMPIRAN

1. Daftar Pustaka
2. Instrumen (kuesioner) penelitian seperti misalnya kuesioner penelitian

Arif Mustofa

Ilmu Komunikasi angkatan '07

Universitas Trunojoyo

3 komentar:

fanatik mengatakan...

sip banget deh....
tapi penjelasannya kurang lengkap...pengertiannya masih meragukan...
proposal penelitian terdiri dari bab 1&2 beserta daftar pustaka...
metode penelitian terdiri dari
Kerangka Konseptual
Kerangka Operasional
populasi dan sampel
metode pengumpulan data
validitas dan reabilitas data
metode analisa data

itu yang lebih simpel bro....

Anonim mengatakan...

halah gak usah di komentari mas

lha wong yang orang yang nulis ini kopasus
copy paste

ayu adinda mengatakan...

bagus tapi kurang lengkap dikit cih. thanks infone

Posting Komentar

 
Powered by Blogger