Pages

Minggu, 18 Oktober 2009

CERITA KEGIATAN SILATURROHIM 2009 IMIKI (Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia)

CERITA KEGIATAN SILATURROHIM 2009 IMIKI (Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia)
Kegiatan pertama tanggal 09 okt 09’ dilaksanakan di gedung Balai Pemuda Surabaya. Kegitan pertama sholat jumat. Setelah sholat jumat makan siang dan dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan pertama dari ketua acara, sekjen IMIKI dan DIKTI. Acara berikutnya seminar , ada tiga tema seminar yang akan disampaikan, tapi karena keterbatasan waktu hanya dua seminar yang disampaikan.
Seminar yang pertama disampaikan oleh Bpk. Sabrod d. Malioboro (ketua dewan kesenian Surabaya) dengan tema “Cinta Kesenian” Bpk. Sabrod menyampaikan bagaimana agar semua generasi muda bisa mencintai kesenian dan budaya di Indonesia yang sangat banyak. Beliau lebih menekankan dengan seni fotografimenurutnya pecinta seni fotografi adalah orang yang mempunyai jati diri. Dan dari suatu jati diri atau karakter kita bisa membangun minoritas. Beliau juga memotifasi generasi muda untuk dapat mengekspresikan idea apa yang dipikirkan untuk menjadi suatu karya seni fotografi. Beliau juga menyampaikan tentang kasus-kasus budaya Indonesia yang direbut Negara tetangga. Mengapa Indonesia hanya bisa menjadikan apa yang kita milik sebagai hal yang kita sombongkan, kalau ternyata kita tidak dapat merawat dan menjaga apa yang kita miliki.
Seminar yang kedua dengan tema “cinta fotografi” disampaikan Yuyung abdi (fotografi Jawa Pos). Dia menyampaikan banyak hal tentang fotografi. Teknik fotografi, hasil foto dan lain-lain. Dia juga menyampaikan perbedaan foto dokumentasi, foto fashion, foto model, dan lain sebagainya. Dalam seminarnya dia juga membagikan beberapa buku hasil karyanya kebeberapa peserta seminar dengan memberi pertanyaan dan yang bisa menjawabnya akan mendapatkan buku tersebut. Judul buku yang dibagikan adalah “lensa manusia”. Buku itu berisi hasil-hasil fotonya tentang beberapa macam kegiatan dan masalah yang ada di kehidupan saat ini.
Setelah seminar yang disampaikan selesai, acara berikutnya adalah penutupan dan dilanjutkan dengan istirahat sejenak. Setelah selesai istirahat acara dilanjutkan dengan awarding capture dan pembagian hadiahnya. Lalu breakdown jadwal dan persiapan menuju villa.
Sekitar pukul 17.30 WIB rombongan peserta berangkat menuju villi di Tretes, Pandaan menggunakan bis kecil! Perjalan menuju villa sempat terhalang kemacetan yang cukup lama, sehinnga ada beberapa jadwal acara yang diubah dan dibatalkan. Rombongan peserta IMIKI sampai sekitar pukul 21.00 WIB. Setelah tiba divilla rombongan melakukan pembagian kamar dan dilanjutkan dengan istirahat atau tidur malam. Acara dilanjutkan keesokan harinya, setelah sarapan pagi bersama para peserta malakukan perkenalan dengan tujuan agar semua peserta dapat mengenal peserta-peserta lainnya. Peserta IMIKI yang kemaren hadir adalah dari daerah Banten, Jogja, Semarang, Solo, Purwokerto, Samarinda, Surabaya, Sidoarjo, Madura dan satu peserta yang mengikuti adalah dari Jember. IMIKI dibagi menjadi beberapa wilayah. Wilayah1, wilayah2, wilayah3 dan wilayah 4. Universitas Trunojoyo termasuk dalam wilayah4 yang terdiri dari beberapa daerah di Jawa Timur, Bali dan NTB. Dari wilayah4 sendiri yang hadir dalm acara IMIKI saat itu adalah dari daerah Surabaya, Madaura, Sidoarjo, Malang dan Jember. Setelah acara perkenalan selesai, acara berikutnya adalah diskusi.
Pada sore harinya diadakan acara futsal yang diikuti peserta laki-laki saja. Tidak ada acara yang resmi selanjutnya hanya kegiatan berfoto-foto dan berbincang-bincang dengan para peserta yang lain agar lebih akarab.
Saat kegiatan pada sore hari selesai, acara dilanjutakn pada malam hari yaitu farewell parti. Kami bersama-sama membakar jagung dan makan bersama. Lalu kita bernyanyi bersama-sama. Dan kami melakukan kegiatan diskusi sebentar untuk membahas kegiatan MUNAS yang akan dilaksanakan untuk bulan depan di Makasar. Sekitar pukul 22.00 acara selesai.
Keesokan harinya setelah sarapan pagi ada beberapa peserta yang pergi jalan-jalan menuju Air Terjun Kakek Bodo. Pukul 15.00 peserta kambali menuju keSurabaya. Dan dilanjutkan menuju ke House Sampoerna. Dan semua kegiatan berakhir di House Sampoerna,para peserta kembali kekota asalnya masing-masing.
Ini adalah singkat cerita yang aku buat setelah kegiatan acara IMIKI.


Pramita Yales Setya Wardani

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger