Pages

Kamis, 03 Desember 2009

Mahasiswa Komunikasi Unijoyo Hadiri Munas IMIKI Di Makasar

Catatan.
Oleh : aida

Makasar heboh di datangi mahasiswa komunikasi se-Indonesia yang tergabung dalam Himpunan Mahasisiwa Komunikasi Indonesia (IMIKI). Kedatangan mahasisiwa yang menamai dirinya sebagai “orang IMIKI” ini bertujuan untuk mengahadiri acara Munas IMIKI yang dilaksanakan di Provisi Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Malino. Acara yang berlangsung dari tanggal 19 hingga 22 november ini, berlangsung sangat sederhana dengan dihadiri sedikitnya 150 orang peserta dari wilayah satu hingga wilayah lima. yang terbagi atas peserta penuh dan peserta peninjau yang didatangkan dari beberapa universitas di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk Universitas Trunojoyo yang tergolong ke dalam wilayah empat turut serta menghadiri acara IMIKI tersebut dengan mengirim dua orang kandidatnya, mereka adalah Arif Mustafa (semester lima) dan Nur Aida Akbari (semester satu).

Berbagai peraturan organisasi IMIKI dan ketetapan-ketetapan lainnya dibahas dalam Musyawarah Nasional ini atau lumrahnya dikenal dengan Munas IMIKI. Kegiatan Munas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menetapkan keputusan-keputusan yang menyangkut dengan kekuatan organisasi IMIKI agar IMIKI mampu mewujudkan mahasiswa komunikasi yang intelektual, kritis, kreatif, dan mampu berkompetisi dalam dunia professional.

Dari deskripsi di atas, sudah jelaslah bahwa Munas yang digelar di Malino ini bagi mahasiswa komunikasi bukanlah ajang untuk kumpul-kumpul semata, melainkan ajang penambahan ilmu dan pengalaman untuk pengembangan diri masing-masing. Lebih-lebih Munas IMIKI ini merupakan musyawarah yang akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan organisasi IMIKI yang tentu akan dapat melahirkan mahasiswa komunikasi yang mampu menghadapi kompetisi dunia profesionalisme.

Kegiatan Munas ini dimulai dengan pembahasan Tata Tertib Sidang Musyawarah Nasional IMIKI, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga atau disingkat AD/RT, hingga pemilihan Ketua Umum IMIKI dan Dewan Perwakilan Anggota (DPA). Pembahasan Tata Tertib Sidang Musyawarah Nasional dan AD/ART tersebut berlangsung selama empat hari penuh. Selain pembahasan-pembahasan tersebut, dalam Munas IMIKI juga dibahas tentang daerah selanjutnya yang akan menjadi tempat diadakannya Munas satu setengah tahun yang akan datang. Setelah sukses mengadakan Munas di Makasar, sasaran Munas IMIKI selanjutnya adalah wilayah dua Jakarta dan Banten. Mengapa harus wilayah dua?

Di sinilah letak kekreatifan “orang IMIKI” terlihat. Mereka merancang rencana tersebut tentunya dengan penuh pertimbangan. Mengingat bahwa wilayah dua merupakan letak yang sangat strategis dengan tujuan agar seluruh anggota IMIKI dapat menghadiri Munas IMIKI yang akan datang. Para peserta sangat antusias dengan rencana Munas tersebut. Mereka mengaku akan berusaha untuk mewujudkan rencana tersebut setelah ada kepastian dari Ketua Umum IMIKI sendiri. Karena untuk beberapa waktu dekat ini para anggota IMIKI harus mempersiapkan segala hal tentang Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini antara bulan Januari dan Bulan Februari tahun depan.

Sekedar untuk diketahui, anak-anak IMIKI selalu mencari sesuatu yang beda dan kreatif. Yang patut ditiru adalah kekompakan seluruh anggota IMIKI dan rasa kekeluargaan mereka yang begitu kuat sehingga mereka selalu merasa seluruh tempat di Indonesia akrab dengan mereka walaupun sebenarnya mereka belum pernah memijakkan kakinya di sana. Jadi, tidak perlu berfikir lama untuk menentukan tempat untuk mengadakan Munas selanjutnya karena mereka punya link di seluruh wilayah Indonesia. Tentu saja wilayah dua Jakarta dan Banten bukan daerah yang tidak mungkin untuk mereka.

Dan satu hal yang dapat dibanggakan dari kampus Unijoyo adalah, Unijoyo mampu menghadiri acara Munas IMIKI tersebut walaupun diadakan di pulau sebrang. Dan yang lebih membanggakan lagi, tenyata kandidat Unijoyo tidak pulang dengan tangan hampa. Arif Mustofa yang merupakan salah seorang dari dua kandidat yang dikirim ke Makassar terpilih menjadi salah satu Dewan Perwakilan Anggota. Hal ini tentunya sangat membanggakan mengingat jabatan tersebut merupakan jabatan perwakilan dari seluruh anggota IMIKI se-Indonesia.

2 komentar:

Taufan mengatakan...

NIce.....

saya jg berharap teman Unijoyo bisalebih aktif lg di imiki.

Muhammad taufan

KOSMIK-UNHAS
Makassar

Komunikasi FISIB Unijoyo mengatakan...

Sama-sama

Posting Komentar

 
Powered by Blogger